Home » Tips Bisnis » Memulai dan Mengembangkan Usaha

Memulai dan Mengembangkan Usaha

Memulai dan mengembangkan usaha adalah dua hal yang berbeda namun penting dipelajari agar dapat mencapai puncak kesuksesan. Pada kesempatan ini kita akan membahas keduanya secara singkat. Jika ada hal yang kurang nantinya dapat kita diskusikan pada kolom kementar atau pada forum.

Memulai dan Mengembangkan Usaha

Banyak orang yang memimpikan sebuah usaha yang dimilikinya sendiri. Hal ini wajar karena bekerja pada orang lain tidak seberapa hasilnya dibanding bekerja pada perusahaan sendiri. Namun memulai usaha rupanya masih sangat sulit bagi sebagian orang. Baik, pembahasan ini kita awali dari mememulai usaha bagi pemula.

memulai dan mengembangkan usaha agar sukses

Memulai usaha bagi pemula

Bagi orang yang baru kenal dengan dunia usaha maka ia akan kebingungan mengenai hal pertama yang dilakukan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya step-step usaha bagi pemula

Berikut ini penjelasan mengenai hal-hal  yang dilakukan sebelum memulai suatu usaha:

1. Tentukan jenis usaha

hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan jenis usaha yang ingin dijalankan. Jenis usaha yang anda pilih haruslah sesuai dengan minat dan bakat yang anda miliki. Apabila Anda telah menemukan jenis usaha, maka bayangan usaha Anda sudah mulai bisa tergambar dalam fikiran Anda.

2. Melakukan survey

Untuk mengetahui jenis usaha yang cocok untuk anda jalankan yang mungkin menarik minat masyarakat maka harus dilakukan survey. Hal pertama yang harus anda survey adalah konsumen, pastikan jenis usaha Anda memiliki banyak peminat dan daya beli.

Hal yang kedua yaitu lakukan survey persaingan, pastikan jenis usaha Anda tidak memiliki banyak persaingan. Selain itu manfaatkan ide anda untuk membangun usaha yang beda dari pengusaha lainnya. Sesuatu yang baru akan lebih menarik banyak pelanggan sesuai dengan hasil ide kreatif Anda.

3. Mempersiapkan modal

Dalam mempersiapkan modal pemula sebaiknya mengunakan modal sendiri. Karena jika baru awal sudah menggunakan modal dari hasil pinjaman dikhawatirkan akan memicu kegagalan dalam bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: cara dapat uang online tanpa modal

Setelah usaha mulai berkembang barulah anda bisa meminjam modal demi kemajuan usaha Anda. Peminjaman bisa dilakukan pada bank, teman dan keluarga. Dari hasil usaha anda nantinya bisa digunakan untuk menutupi pinjaman modal anda secara berangsur-angsur.

4. Persiapkan alat dan keperluan

Kesiapan produk, alat, pemasaran dan hal lainnya sangat penting untuk diperhatikan. Tanpa persiapan yang dilakukan seakan-akan usaha anda berjalan tanpa arah. Selain itu kesiapan mental dan fisik harus dipersiapkan.

Siapkan diri Anda untuk memajukan usaha tanpa kenal kata menyerah dan sokus pada kesuksesan bisnis Anda.

5. Mulailah membuka usaha

Setelah melakukan beberapa ulasan diatas artinya Anda telah siap untuk terjun dalam dunia usaha. Pada mula mula bisnis anda kadangkala tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh karena itu jangan berkecil hati yakinlah bahwa usaha anda akan sukses seiring berjalannya waktu.

Akan nada waktunya rezeki menghampiri anda dan pelanggan mulai berdatangan.

Baca lupa baca: Bisnis Online Tanpa Modal

 

Mengembankan Usaha

Dalam setiap bisnis pasti dibarengi dengan kendala-kendala yang bisa membuat usaha anda tidak berkembang. Tentunya Anda tidak menginginkan apabila usaha Anda begitu-begitu saja. Oleh karena itu dibutuhkan cara cara dalam mengembangkan suatu usaha.

Berikut ini ulasan tentang bagaimana usaha agar cepat berkembang dan sukses.

1. Usaha terorganisir dengan baik

Dengan rencana yang terorganisir tentunya memudahkan anda dalam mengerjakan tugas.   Setelah itu anda bisa memantau tahapan yang sudah selesai dilakukan pastikan apakah hasilnaya sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan membuat jadwal kerja di madding anda dapat mengevaluasi tugas-tugas yang telah diselesaikan.

2. Berfikir kritis dan kreatif

Kreativitas dalam berbisnis sangat diperlukan dalam mengembangkan suatu usaha. Kembangkan ide anda agar usaha dapat memenangkan persaingan pasar. Teruslah kembangkan daya fikir Anda jika ingin usaha anda berkembang dengan pesat. Jangan lupa carilah referensi-referensi terkain industri kreatif agar dapat  menjadi inspirasi bagi anda.

3.Catat seluruh yang ada dalam bisnis

Mencatat secara menyeluruh dalam bisnis adalah salah satu strategi untuk mengatasi hal-hal yang tak berkaitan dengan usaha Anda. Dengan catatan yang Anda miliki anda bisa mengamati perkembangan usaha anda dan apabila ada kekurangan maka anda bisa mengambil langkah pada strategi yang baru.

4. Konsisten

Saat Anda telah memilih jenis usaha dan menjalankannya anda harus konsisten pada usaha, meskipun itu jenis usaha yang kecil. Konsisten dapat mengarahkan anda pada kesuksesan di masa yang akan datang.

Selain itu anda juga bisa menjadi panutan bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

5. Memahami resiko

Perhitungan resiko yang tepat memudahkan anda menangani hal-hal tak terduga yang terjadi pada usaha Anda. Dengan memahami resiko yang mungkin akan terjadi berarti anda  telah mempersiapkan strategi untuk mengatasi resiko yang ada.

6. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik akan membuat anda punya peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Pelayanan kepada pelanggan harus diperhatikan jangan sampai menimbulkan kekecewaan kepada pelanggan.

Terapkan istilah bahwa pelanggan adalah raja sehingga pelanggan akan tidak bosan untuk menggunakan produk Anda. Apabila usaha anda sudah mulai berkembang, berikanlah penghargaan atau diskon kepada langganan anda.

Demikianlah tips-tips untuk mengembangkan usaha, selain melakukan hal-hal diatas hal yang harus diseimbangkan  adalah perbanyak berdoa dan sedekah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 7 =