Memilih jenis toko onlie yang tepat untuk bisnis online kita sangat penting dilakukan. Pastikan anda telah membaca artikel sebelumnya tentang Jenis-Jenis Toko Online.
Bagaimana memilih jenis toko online yang tepat?
Tujuan Toko Online
Jika anda menanyakan langsung kepada kami, maka kami akan menjawab bahwa tergantung tujuan anda. Selain tujuan tersebut, apakah anda ingin menjadikan profesi menjual online sebagai profesi anda seterusnya atau sekedar iseng-iseng atau hanya akan menjual barang bekas sekali saja.
Jika anda hanya ingin menjual barang bekas dalam 1 waktu saja, yaitu hingga barang tersebut laku terjual, maka sebaiknya gunakan saja sosial media atau marketplace yang menyediakan space barang bekas. Menggunakan toko online pribadi untuk 1 barang saja tentu akan sangat berlebihan.
Biaya dan Teknis
Pertimbangan lain dalam memilih jenis toko online yang tepat adalah biaya. Jika anda tidak memiliki anggaran modal untuk membayar jasa bikin toko online, maka pertimbangkan untuk menggunakan sosial media atau marketplace.
Selain itu, pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah kemampuan mengelola. Untuk toko online sendiri, anda harus memiliki kemampuan dasar dalam mengelolanya. Jika tidak memiliki kemampuan tersebut, setidaknya anda punya waktu untuk belajar, misalnya kursus toko online, meskipun tidak harus sampai tingkat tinggi, cukup dasarnya saja.
Berbeda halnya dengan menggunakan sosial media atau marketplace, anda tidak perlu pusing memikirkan tampilan atau plugin yang tepat untuk menampilkan produk. Mereka sudah memiliki pengelola sendiri sehingga anda cukup mengapload produk anda lalu menunggu respon dari calon pelanggan.
Persaingan
Dari penjelasan di atas, kecenderungan saya menjelakan bahwa anda sebaiknya menggunakan sosial media dan marketplace gratis. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan sehingga sangat disarankan menggunakan toko online sendiri.
Jika menggunakan marketplace misalnya, anda akan bersaing dengan banyak orang yang juga menawarkan produk yang sama. Dampak dari persaingan ini adalah anda harus berani menawarkan harga yang lebih murah atau setidaknya menyamai dengan harga pesaing.
Dengan tingginya persaingan pada marketplace juga mengakibatkan kecilnya margin yang dapat kita peroleh. Tentu saja karena anda akan sangat sulit mendapatkan pelanggan jika tidak menurunkan harga sesuai harga yang dipasang pesaing kita.
Sedangkan dengan toko online pribadi, anda bisa memperoleh margin yang lebih besar. Dengan toko online sendiri, anda bisa menentukan harga sebaik mungkin.
Branding
Sangat sulit membangun brand sendiri jika menggunakan pihak ketiga. Jika anda memiliki program jangka panjang untuk bisnis anda, sebaiknya gunakanlah toko online pribadi atau e-commerce.
Dengan toko online pribadi, anda dapat mengatur strategi khusus untuk membangun identitas bisnis anda. Selain itu, dengan fasilitas yang sepenuhnya berada pada kontrol kita, kita dapat memberikan kesan khusus kepada setiap pelanggan yang berkunjung.
Evaluasi
Jika anda menggunakan pihak ketiga, marketplace atau sosial media, anda tidak dapat mengetahui bagaimana iklan anda dimunculkan. Dari mana asal pengunjung, bagaimana kecenderungan pengunjung, dll.
Seorang visioner yang selalu memiliki pandangan masa depan, akan cenderung memiliki toko online pribadi. Salah satu keunggulannya adalah karena dapat melakukan evaluasi dan perbaikan menggunakan data-data pelanggan termasuk trafik yang dikumpulkannya sendiri menggunakan toko online.
Memilih Semua Jenis Toko Online
Hal yang paling bijak adalah menggunakan semua jenis toko online yang dijelaskan tersebut. Bagaimana pun juga, semuanya memiliki kelebihan dan menariknya karena dapat digunakan secara bersamaan. Penggunakan ketiga jenis toko online tersebut bahkan sangat disarankan untuk menjangkau seluruh pelanggan yang ada.