Home » Toko Online » Kekurangan Media Sosial untuk Menjual Produk

Kekurangan Media Sosial untuk Menjual Produk

Kekurangan media sosial yang akan dibahas disini dalam hal kaitannya dengan menjual produk, baik barang maupun jasa. Pembahasan ini tidak menafikan kelebihan media sosial itu sendiri, namun akan kami bahas secara terpisah pada kesempatan yang berbeda.

tips bisnis media sosial

 

Media Sosial Sebagai Alat Promo

Saat ini media sosial tidak lagi sekedar ngobrol santai dengan teman yang jauh, tetapi juga sudah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjual produk. Produk yang dijual bisa produk yang dimilikinya sendiri maupun produk afiliasi dari pihak ketiga.

Semakin hari semakin banyak konten iklan yang kita temui di media sosial di luar konten iklan berbayar atau bersponsor. Fitur gratis untuk update status media sosial dimanfaatkan untuk memposting foto dan keterangan produk yang ditawarkan, meskipun sebenarnya ini melanggar, tapi sulit juga pihak media sosial untuk melacak pelanggaran tersebut.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Facebook. Facebook sangat banyak digunakan selain mitranya, yaitu Instagram. Bahkan, ketika seseorang hendak mencari barang bekas misalnya, tak lupa dia membuka Grup Facebook yang khusus menawarkan barang bekas yang dicari.

 

Kekurangan Media Sosial untuk Menjual

Meskipun tidak sedikit penjual yang memanfaatkan media sosial untuk menjual dan sukses meningkatkan penjualannya, akan tetapi ada sejumlah kekurangan yang membuat hal itu sulit terjadi. Beberapa kekurangan tersebut akan kami bahas secara detil di bawah.

1. Harus Update Setiap saat

Jika anda ingin iklan anda dilihat oleh semua orang yang terhubung dengan akun anda, anda harus selalu mengupdate status agar status (yang sebenarnya iklan produk) tersebut selalu muncul pada bagian atas Beranda.

Kekurangan memanfaatkan akun gratis ini disebabkan karena sistem feed Facebook mendahulukan yang terbaru atau yang palin populer. Jika anda tidak ingin repot update status, berarti anda harus membuat postingan tersebut populer, banyak like dan banyak komentar serta share.

2. Sulit dievaluasi

Ketika postingan produk anda dilike oleh banyak orang, kita tidak bisa terlalu senang karena yang like adalah biasanya kebanyakan teman dekat kita yang sekedar memberi penghargaan atas usaha kita. Mereka memiliki potensi yang kecil untuk membeli produk anda karena mereka melihat bukan karena butuh tapi karena secara kebetulan muncul di beranda miliknya.

Dengan kekurangan tersebut, kita tidak bisa benar-benar memastikan berapa jumlah orang yang melihat karena suka dengan produk kita, karena butuh atau butuh tapi ada kekurangan, dll.

3. Fitur pencarian yang terbatas

Ketika seseorang benar-benar butuh tentang produk tertentu, mereka tidak dapat melakukan pencarian yang diperluas secara global seperti halnya Google misalnya. Fitur pencarian hanya berputar di sekitar kita atau teman media sosila kita atau halaman yang kita like atau komentari, dll.

Hal ini membuat produk kita benar-benar “tenggelam” jika tidak rajin membuat status baru (update konten).

4. Membuat Pengguna Lain jadi Jenuh

Karena anda terlalu sering update status, mereka yang sering melihat iklan anda setiap saat malah jenuh. Mereka jadi malas melihat status anda bahkan tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak menggunakan media sosial lagi, kecuali betul-betul dibutuhkan.

Mereka melihat iklan anda bukan karena butuh, tetapi karena muncul di beranda dan muncul di notifikasi mereka. Itu sangat mengganggu bagi mereka yang tidak sedang ingin berbelanja. Kondisi psikologis ini sangat berbeda jika yang bersangkutan dengan sengaja mencari produk yang dibutuhkannya.

 

Kesimpulan

Gunakanlah Media Sosial sebijak mungkin. Media sosial dibuat secara khusus untuk menjalin keakraban dengan teman yang jaraknya jauh dari kita. Alangkah lebih baik untuk menggunakan toko online karena biaya bikin website toko online tidak selalu mahal.

Dengan menggunakan toko online, kekurangan media sosial di atas dapat tertutupi dan tentunya kelebihan media sosial pun dapat anda rasakan. Setiap toko online dapat dihubungkan secara langsung dengan akun media sosial sehingga manfaat dapat kita peroleh dari keduanya. Selain itu, iklan anda yang nantinya muncul di media sosial juga akan terlihat lebih profesional atau lebih serius.

Harga jasa pembuatan website toko online bervariasi sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih jasa toko online dengan biaya yang murah sesuai kemampuan dan kebutuhan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − thirteen =