Home » Toko Online » Jenis-Jenis Toko Online yang Perlu Dipahami

Jenis-Jenis Toko Online yang Perlu Dipahami

Jenis-jenis toko online yang akan dibahas disini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada calon pelanggan kami yang hendak membuat toko online.

jasa pembuatan toko online

 

Jenis-Jenis atau Macam Toko Online

Palling tidak ada 3 jenis atau macam toko online yang sering dikacaukan. Sebetulnya banyak penulis yang menjelaskan bahwa toko online memiliki pengertian yang berbeda dengan istilah lain yang semuanya memiliki makna yang sama, yaitu tempat menjual secara online.

Mengikuti budaya kita, toko online diartikan sebagai tempat menjual produk barang atau jasa secara online. Berdasarkan pengertian tersebut, maka kita akan membagi toko online tersebut berdasarkan platform dan fungsinya.

 

Jenis Toko Online Marketplace

Jenis toko online yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli melalui website yang dibuatnya. Jadi, pihak pemilik website tidak memiliki barang. Barang yang dijual di website tersebut adalah milik pihak ketiga.

Marketplace yang saat ini terkenal di Indonesia adalah Bukalapak dan Tokopedia. Meskipun banyak market place lain selain kedua perusahaan tersebut, tapi itulah yang kita kenal hingga saat ini.

Keuntungan marketplace sendiri berasal dari iklan premium yang ditampilkan secara khusus pada bidang yang mencolok pada halaman produk, baik itu pada sisi atas maupun di samping. Pemasang iklan atau pemilik produk harus membayar kepada pemilik marketplace jika ingin produknya tampil secara mencolok.

Jadi, jika kita analogikan dengan kehidupan nyata atau offline, market place ini seperti pasar, baik tradisional maupun modern seperti mall. Di pasar tersebut, banyak penjual yang menjual dengan berbagai jenis produk. Perbedaannya adalah marketplace tidak harus membayar pada pihak pemilik tempat kecuali ingin produknya tampil secara khusus.

 

Jenis Toko Online Sosial Market atau Sosial Media

Jenis yang satu ini memanfaatkan sosial media sebagai tempat menjual produk. Sangat banyak yang memanfaatkan fasilitas sosial media ini karena selain gratis, produk yang diklankan langsung dilihat oleh calon pelanggan.

Pada perkembangan terakhir, pihak Facebook sebagai salah satu Sosial Media yang terkenal, juga menyediakan marketplace. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi mereka yang selama ini menggunakan Facebook sebagai tempat menjual.

Selain status pribadi, fakta yang ditemukan di Facebook adalah munculnya pihak yang dengan sengaja membuat Group untuk bertukar informasi tentang produk jualan para anggotanya. Jadi, grup tersebut berisi orang-orang yang akan menjual produk dan juga orang-orang yang akan mencari produk. Mereka saling terhubung satu sama lain dan tidak menutup kemungkinan bahwa pembeli di sana juga ada penjual pada waktu yang berbeda.

Bentuk dari pemanfaatan sosial media sebagai toko online adalah Instagram. Tidak sedikit pula orang yang memanfaatkan platform ini sebagai tempat untuk menjual produknya.

Pemanfaatan sosial media ini biasa juga disebut dengan istilah keren yaitu Online Shop atau disingkat Olshop. Jangan lupa untuk membaca tentang kekurangan sosial media untuk menjual produk.

 

Jenis Toko Online E-Commerce

Jenis yang terakhir ini adalah sebuah toko online yang mandiri, tidak menggunakan aplikasi pihak lain seperti marketplace atau sosial media. Pemilik barang membuat website sendiri dan menjual produknya sendiri melalui website tersebut.

Dengan menggunakan toko online sendiri ini, pemilik tentu secara bebas dapat mengatur posisi iklan, penjadwalan iklan dan seterusnya.

 

Kesimpumlan

Jika kita mencermati ketiga macam toko online di atas, maka yang terkahirlah yang dapat kita miliki sendiri. Pada jasa pembuatan toko online di website ini, yang kami tawarkan adalah jenis e-commerce di atas. Jika anda tertarik memiliki e-commerce, anda bisa bikin toko online sendiri menggunakan jasa yang kami tawarkan (ada pada menu di atas).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =